[object Object]

Ternyata ini Alasan Hotel Syariah di Lirik Pecinta Halal Travel!

14 Apr 2023
annisa dwiarum

Jika berbicara tentang hotel syariah di Indonesia, sebenarnya ada banyak sekali yang bisa kita jumpai di setiap kota. Hotel syariah sendiri mempunyai beberapa perbedaan dengan hotel konvensional secara umumnya. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi desain interior ruangannya yang begitu islami.

Bahkan hotel ini kini menjadi tren di kalangan dunia perhotelan untuk meningkatkan komoditas halal travel.

Apakah hotel syariah hanya dikhususkan untuk muslim saja? Tentu saja tidak, hotel ini di peruntukkan untuk semua orang, layaknya restoran halal ataupun perbankah syariah. Hanya saja pengoperasian dan bisnisnya di jalankan sesuai syariat Islam.

Agar lebih paham, yuk, simak fakta penting dari hotel syariah di bawah ini.

Fakta Penting dari Hotel Syariah yang Membuatnya Semakin di Lirik

Agar Anda lebih memahami terkait hotel syariah, beberapa fakta di bawah ini wajib untuk Anda ketahui. Ini juga yang menjadi perbedaan dengan hotel konvensional dan menjadi alasan para pecinta halal travel memilihnya sebagai tempat staycation.

Dilarang Membawa Pasangan yang Bukan Mahram

Maksud dari pasangan yang bukan mahram ini yaitu pasangan yang belum terikat dengan ikatan pernikahan. Aturan yang satu ini memang sangat membedakan dengan hotel konvensional.

Ketika Anda membawa pasangan ke hotel syariah, Anda akan diminta menunjukkan buku nikah atau bukti lainnya bahwa Anda dan pasangan telah resmi menikah.

Jika Anda tidak bisa memberikan bukti tersebut, Anda tidak akan di perkenankan untuk menginap di hotel tersebut. Tentu ini adalah bentuk untuk penjagaan, kepedulian, dan kenyamanan bersama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Deretan Tempat Unik Buat Ngabuburit Ramadhan

Hanya Menyediakan Makanan dan Minuman Halal

Saat Anda memutuskan untuk menginap di hotel syariah, Anda hanya akan menemukan makanan dan minuman halal di hotel ini.

Jika di hotel konvensional terdapat sebuah Bar yang menyediakan minuman beralkohol, Anda tidak akan menemukannya di hotel syariah. Katena minuman beralkohol telah jelas di larang dalam syariat Islam.

Seluruh makanan juga minuman di ini sudah di pastikan menggunakan bahan-bahan yang halal dan diolah dengan tata cara Islami. Anda pun bisa menikmati makanan dengan tenang, tanpa merasa ragu atas kehalalan makanan yang disajikan oleh hotel.

Baca Juga : Losmen Bali – Penginapan Murah Meriah di Pulau Bali

Karyawan Hotel Menggunakan Pakaian Tertutup (Hijab dan Peci)

Barangkali Anda akan menemukan staff hotel yang berpakaian tertutup di beberapa hotel konvensional, terutama saat Bulan Ramadhan atau Lebaran tiba.

Berbeda dengan hotel syariah, seluruh staff karyawan wajib menggunakan hijab dan peci setiap saat. Hal ini termasuk dalam prosedural hotel yang menjunjung tinggi syariat Islam dalam berbisnis.

Sikap ramah, sahtun, dan cepat tanggap adalah salah satu ciri khas para staff saat menyapa, memberikan pelayanan, dan menjamu tamu.

Meskipun semua karyawan yang bertugas wajib menggunakan pakaian muslim dan muslimah, Anda yang tiba di hotel ini tidak di wajibkan menggunakan pakaian yang serupa. Anda cukup menggunakan pakaian yang sopan untuk menjaga kenyamanan para tamu yang lain.

Baca Juga : Tips Perjalanan Aman dan Seru Pasca Pandemi

Menyediakan Air untuk Bersuci/Berwudhu dan Musholla Khusus

Untuk beberapa hotel konvensional, mungkin Anda akan agak kesulitan menemui tempat bersuci/berwudhu yang baik. Namun, hal ini tidak akan terjadi di hotel syariah.

Setiap rest room-nya akan sediakan tempat bersuci dengan air yang mengalir. Bahkan beberapa hotel kerap memfasilitasi musholla juga untuk memudahkan tamu menjalankan ibadah sholat.

Nah, untuk Anda yang beragama Islam jadi termudahkan dalam menunaikan ibadah, bukan?

Setiap Kamar juga disediakan Al-Qur’an, Arah Kiblat, dan Tempat Bersuci

Ketika Anda menginap di hotel syariah, Anda tentu akan menemukan kemudahan untuk hal beribadah.

Sebagian besar hotel jenis ini menyediakan pula mushaf Al-Qur’an di dalam kamar untuk membantu Anda menyempurnakan ibadah.

Saat ingin menunaikan sholat di dalam kamar, Anda pun tidak perlu lagi kebingungan kemana arah kiblat, karena biasanya akan terdapat petunjuk arah kiblat di kamar Anda.

Di hotel konvensional, mungkin Anda akan bingung dimana harus mengambil wudhu, akhirnya Anda menggunakan wastafel ataupun shower. Meskipun bisa, namun agak ribet tentunya.

Nah, di hotel yang berstandarisasi Islam, Anda bisa berwudhu dengan nyaman karena terfasilitasi.

Baca Juga : Hotel Ciwidey Private Pool Tempat Liburan yang Menenangkan

Hotel Syariah Berbintang di Indonesia

Hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat hotel berstandar syariah, mulai dari yang kelas menengah ke bawah hingga yang berbintang atas. Nah, di bawah ini ada beberapa daftar hotel syariah berbintang di kota-kota besar di Indonesia dengan nuansa yang begitu Islami. Barangkali bisa jadi referensi Anda saat ingin tour ala halal travel.

  1. Lorin Hotel Syariah Solo ; hotel berbintang 4 di Jl. Adi Sucipto No. 47, Gonilan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.
  2. Sofyan Hotel Cut Meutia Family Friendly ; hotel berbintang 3 di Jl. Cut Mutia No. 9, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.
  3. Noor Hotel Bandung ; hotel berbintang tiga di Jl. Madura No. 6, Riau Street, bandung, Jawa Barat.
  4. Hotel Madani Medan ; hotel berbintang empat di jalan Sisingamangaraja/Amaliun No. 1, Medan City Center, Medan, Sumatera Utara.
  5. Bayt Kaboki Hotel Bali ; hotel berbintang tiga di Jl. Griya Anyar No. 27. Badung, Bali.

Baca Juga : Mau Travelling? Ini Dia 13 Starter Pack Yang Wajib Disiapkan!

Nikmati Momen Ramadhan di Hotel Syariah Bareng Keluarga

Setelah membaca fakta-fakta di atas, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi hotel syariah? Hotel yang nyaman untuk menginap dan nyaman pula untuk beribadah.

Berhubung ini kita masih di bulan ramadhan, staycation bareng keluarga tersayang untuk menikmati momen ramadhan di hotel syariah pasti jadi makin seru.

Desain interiornya juga rata-rata instagramable dengan balutan ornamen khas timur tengah. Akan sangat epic untuk di dokumentasikan dan di post di social media.

Jika Anda ingin menginap di hotel yang Islami, apalagi yang berbintang, yuk cari dan booking dari Seindo Travel. Aplikasi booking hotel termurah dan banyak diskonnya juga!

Yuk bagikan artikel ini jika bermanfaat, dan baca juga artikel-artikel seindoblog menarik yang lainnya ya!

Tentang Kami

Seindo Travel menyediakan solusi untuk semua kebutuhan perjalanan Anda.
Mulai dari Hotel, Tiket Pesawat, Transportasi hingga
asuransi perjalanan, semuanya ada di Seindotravel!

Ikuti Kami

facebook.pnginsta.pngyoutube.png

Bagian Dari

asita.pngastindo.pngrapidssl.pngiata.png

Keamanan Transaksi

visa.pngmastercard.png
seindo-logo.png
playstore.pngappstore.png

© 2023 Seindo Travel. Seluruh hak cipta