[object Object]

Deretan Tempat Unik Buat Ngabuburit Ramadhan

5 Apr 2023
annisa dwiarum

Ngabuburit adalah salah satu hal yang identik dengan bulan Ramadhan di Indonesia. Di mana orang-orang muslim yang sedang berpuasa akan mencari kegiatan atau aktivitas tertentu sambari menunggu adzan maghrib berkumandang atau waktu berbuka puasa tiba.

Aktivitas yang di lakukan beragam, bisa dengan bersantai di alun-alun kota, di restoran, di taman, tempat wisata, bahkan ada juga yang ngabuburit di atas bukit.

Kalo kamu biasa ngabuburit ramadahan di mana nih? Butuh inspirasi? Nah, di bawah ini ada beberapa tempat unik buat ngabuburit yang seru buat kamu coba di Indonesia! Berikut penjelasannya.

Kawasan Kota Tua Jakarta

kota tua jakarta

Tempat unik pertama yang akan kita bahas ialah kawasan Kota Tua Jakarta. Kawasan ini tampak tak pernah sunyi, 24 jam penuh selalu ada aktivitas di dalamnya.

Banyaknya tempat ikonis di kawasan ini membuat para wisatawan lokal hingga mancanegara sering merujuk Kota Tua Jakarta sebagai tujuan wisata.

Apalagi ketika bulan Ramadhan tiba, tentu kawasan ini akan jauh lebih ramai oleh masyarakat yang ngabuburit ramadhan di sore hari.

kawasan kota tua

Untuk kamu yang berlokasi di kota Jakarta, kamu bisa berjalan-jalan ke Art Street Kota Tua yang menjadi pusatnya para seniman jalanan berkarya. Taman Fatahillah pun juga sangat seru untuk didatangi, tempatnya yang masih kuno dan unik bahkan sering di jadikan lokasi prewedding. Kamu pun bisa menyewa sepeda ontel untuk berputar-putar di area taman dan sekitar Kota Tua Jakarta. Ini tentu sangat menyenangkan sembari nunggu waktu berbuka puasa.

Kamu yang suka nongkrong, nih ada juga Cafe Batavia di Kawasan Kota Tua. Lokasinya tepat di seberang Taman Fatahillah dan Museum Fatahillah. Saat kamu memasukinya, kamu akan menghirup suasana kolonial dan vintage yang sangat kental. Aneka makanan lezat dengan harga mulai 20 ribuan hingga ratusan ribu bisa kamu pesan untuk menu berbuka yang sehat.

Baca Juga : 5 Makanan Buka Puasa Sehat dan Lezat di Bulan Penuh Berkah

Pantai Lima Dimensi

pantai talise palu

Pantai Lima Dimensi adalah sebutan untuk pantai Talise atau Pantai Teluk Palu. Di sebut Pantai Lima Dimensi karena dari pantai ini, akan terlihat pemandangan lima dimensi, berupa laut, sungai, teluk, lembah, dan gunung. Semua pemandangan ini bisa kamu nikmati dengan gratis, lho.

Tahun 2018 silam, tsunami menghantam habis-habisan daerah pantai Palu ini, dan kini telah menjadi destinasi ngabuburit populer bagi masyarakat sekitar.

masjid terapung di pantai talise

Selain menikmati pantainya yang cantik, kamu juga dapat mengabadikan foto bersama Masjid Terapung Arkam Babu Rahman. Salah satu saksi bisu dahsyatnya gempa yang disusus tsunami tahun itu.

Pantai Lima Dimensi ternyata sudah lama membuat dunia terpukau. Seperti yang tertulis dari situ resmi PemProv Sulawesi Tengah, terdapat pujian untuk kawasan pesisir oleh menteri Hindia Belanda, François Valentijn, tertulis dalam buku yang di terbitkannya tahun 1724.

Sang menteri Hindia Belanda juga mengatakan kalau keindahan Pantai Teluk Palu bak Negeri Kincir Angin. Luar biasa ya.

Baca Juga : Eksplore Sumba: Misteri Situs Ratenggaro hingga Eksotika Alamnya!

Ngabuburit di Perpustakaan

perpustakaan unik

Selain tempat-tempat di atas, kamu juga bisa mengisi waktu ngabuburit dengan menambah literasi. Mampir sama bestie ke Toko Buku atau Perpustakaan Kota dan membuka cakrawala pemikiran, tentu sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.

Jenis genre buku yang beragam, di jamin gak akan buat kamu bosan sepanjang ngabuburit di sini. Terutama untuk para pelajar dan mahasiswa nih, literasi sambil nyari bahan tugas.

ngabuburit di perpustakaan

Untuk perpustakaan, banyak juga yang berkonsep unik, Seperti Perpustakaan Nasional RI yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Perpusatakaan ini memiliki 27 lantai dengan tinggi 126,3 meter dan meraih rekor sebagai perpustakaan tertinggi di dunia.

Ada juga Perpustakaan Soeman HS di provinsi Riau, yang di resmikan pada tahun 2008 ini di buat dengan konsep tembus pandang. Paduan arsotektur melayu modern dan aritektur khas Islam juga begitu kental memenuhi dekorasi perpustakaan.

Nah, siapa nih yang mau waktu ngabuburit ramadhannya jadi lebih berkah karena di isi dengan ilmu?

Baca Juga : Mau Travelling? Ini Dia 13 Starter Pack Yang Wajib Disiapkan!

Pantai Kura-Kura

ngabuburit ramadhan di pantai kura-kura

Bagi yang belum tau sama sekali tentang pantai ini, mungkin akan beranggapan kalau di pantai ini ada kura-kura raksasanya (seperti di gambar), atau pantai yang banyak spesies kura-kura.

Hmm, kamu salah kalau beranggapan demikian. Di pantai ini terdapat batu koral besar yang bentuknya nyaris sama persis seperti kura-kura. Mulai dari kepala hingga tempurung ekor. Benar-benar mirip. Oleh karena itu pantai yang berlokasi di Lombok Timur ini bernama Pantai Kura-Kura.

Pemandangan matahari terbenam di tepi Pantai Kura-Kura juga sangat menawan. Ngabuburit bareng sohib pasti akan aesthetic nih.

bukit  di pantai kura-kura

Jika kamu berjalan sedikit di sebelah pantai ada bukit yang tak kalah indah. Akses ke sana tidak sulit. Kamu harus mencoba menaikinya, karena keindahan Pantai Kura-Kura sangat memanjakan mata dari atas bukit.

Suasana sepi bersama angin sepoinya berasa seperti di private beach. Kabarnya sekarang sudah banyak beberapa warga yang menjual makanan di tepi pantai. Yuk, berbuka puasa di sini sambil travelling!

Baca Juga : Taman Anggrek Sky Rink | Wahana Seru di Jakarta

Landmark

landmark

Tempat unik terakhir buat ngabuburit adalah landmark, nih. Landmark adalah penanda bagi suatu kawasan. Penanda ini bisa berupa gunung, bukit, danau, dan sebagainya.

Di dunia yang lebih modern, landmark ditunjukkan dari tata kota, gedung, tugu, jalur transportasi, hingga model vegetasi.

Contohnya seperti menara Eiffel di Paris, Merlion di Singapura, Petronas di Malaysia, dan sebagainya.

Indonesia yang terdiri dari banyaknya gugusan pulau, tentu banyak juga landmark-nya. Apalagi yang menyimpan sejarah. Di bawah ini ada beberapa landmark di Indonesia yang bisa jadi referensi ngabuburit ramadhan kamu nanti.

  • Monumen Nasional Jakarta ; Jika kamu berdomisili di Jakarta, area Monumen Nasional Jakarta atau disingkat Monas, wajib banget nih kamu datangi. Tugu monas dengan tinggi mencapai 132 meter di tengah lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini menyimpan banyak sejarah. Di bulan ramadhan ini pasti ramai banget orang-orang ngabuburit di kawasan Monas. Street Food-nya juga gak kalah seru, banyak penjual makanan dan minuman yang enak dan segar buat berbuka.
  • Istana Maimun Medan ; Kamu tentu tidak asing lagi dengan landmark kota Medan yang satu ini. Istana Kesultanan Deli di Jalan Brigadir Jenderal Katamso ini didesain oleh arsitek dari tentara Kerajaan Belanda atas perintah Sultan Deli pada tahun 1888 dan selesai pada tahun 1891. Di bagian depan istana terdapat Masjid Al-Mashun yang setiap Ramadhan tiba, selalu di adakan Festival Ramadhan Fair. Bakal seru banget nih ngabuburit di kawasan bersejarah ini.
  • Jam Gadang Bukittinggi ; Landmark ini dibangun atas inisiatif sekretaris di kota Bukittinggi pada tempo dulu yang bernama Fort de Kock. Menjulang tinggi 27 meter dengan jam berukuran besar 80 cm di empat sisi menara, saat ini menjelma sebagai objek wisata. Taman di sekitar area Jam Gadang pun di perluas sebagai ruang interaksi masyarakat. Ngabuburit di tugu bersejarah dan unik ini tentu akan sangat menarik. Kamu yang sedang di Bukittinggi Padang, jangan sampai dilewatkan!

Mau Ngabuburit di Mana?

Kini kamu sudah tahu beberapa referensi tempat unik buat ngabuburit ramadhan. Indonesia itu sangat kaya akan tempat-tempat menarik untuk di kunjungi, dari ujung tanah Serambi Mekah hingga tanah Merauke, tentu semuanya sangat menarik untuk di datangi dan di jadikan tempat buat ngabuburit, istilahnya liburan sambil menikmati suasana ramadhan yang tidak terlupa.

Untuk terbang ke tempat-tempat yang kamu suka, kini bisa jadi lebih mudah dengan memesannya melalui aplikasi Seindo Travel. Platform penyedia tiket pesawat murah dan hotel murah se-Indonesia. Penawaran menarik dengan harga terbaik, hinggal voucher yang berlimpah. Yuk, jadikan ramadhan kali ini lebih berkesan dan berkah!

Tentang Kami

Seindo Travel menyediakan solusi untuk semua kebutuhan perjalanan Anda.
Mulai dari Hotel, Tiket Pesawat, Transportasi hingga
asuransi perjalanan, semuanya ada di Seindotravel!

Ikuti Kami

facebook.pnginsta.pngyoutube.png

Bagian Dari

asita.pngastindo.pngrapidssl.pngiata.png

Keamanan Transaksi

visa.pngmastercard.png
seindo-logo.png
playstore.pngappstore.png

© 2023 Seindo Travel. Seluruh hak cipta