[object Object]

Mau Travelling? Ini Dia 13 Starter Pack Yang Wajib Disiapkan!

16 Mar 2023
annisa dwiarum

Kaum millenials pasti gak asing lagi dengan istilah “starter pack“. Nah, bagi yang baru pertama kali mendengarnya, starter pack adalah bahasa gaul terkait sejumlah barang yang indentik dengan sesuatu hal. Namun, jika di artikan ke bahasa Indonesia, tentu akan terdengar aneh dan kurang tepat, karena berarti “paket awal”.

Istilah ini mulai familiar untuk mendefinisikan kebutuhan sebelum memulai suatu hal. Misalnya starter pack ke kampus apa saja? Maka jawabannya adalah tas, buku, laptop dan almamater kampus. Jika mau travelling gimana? tentu beda lagi.

Cerita tentang travelling, sebentar lagi bakal tiba musim mudik nih, kamu udah punya rencana travelling kemana? Apapun yang menjadi pilihan, pastikan kamu menyiapkan starter pack-nya kamu dengan matang, ya.

Berikut ini ada 13 rekomendasi starter pack untuk memulai perjalananmu. Walaupun beberapa barang-barang ini terlihat kecil, namun ini akan sangat membantu kamu banget pas travelling, lho!

Apalagi teruntuk kamu yang suka solo-travelling, wajib kamu simak baik-baik artikel ini sampai tuntas. Yuk, kita simak ulasannya.

Backpack Ringan dan Nyaman

starter pack adalah back pack

Backpack ini adalah starter pack paling penting saat kamu mau bepergian. Di mana di dalam sini kamu bisa menyimpan segala macam perlengkapan tempur untuk travelling. Pakaian cadangan, jaket, obat-obatan, make-up, charger, dan sebagainya bisa kamu letakkan di dalamnya.

bentuk backpack juga harus di perhitungkan, pilihlah yang ringan dan nyaman saat kamu pakai, bentuknya yang modis bisa jadi nilai tambah.

Travel Bag Organizer

travel bag

Travel bag Organizer ini sangat berguna untuk tempat memisahkan barang-barang tertentu. Jadi kamu tidak repot harus ngaduk-ngaduk tas saat ingin mencari suatu benda di dalam koper/tas. Kamu bisa menemukan dengan cepat yang kamu butuhkan.

Seperti Travel bag khusus untuk gadget dan kabel-kabelnya, ini akan sangat membantu kamu selama travelling.

Smartphone + Kuota Internet

smartphone

Kalau yang satu ini wajib banget sih, yaitu smartphone dengan kuota internetnya. Sebelum kamu berangkat, pastikan di smartphone kamu telah terinstal aplikasi Google Maps, juga aplikasi pemesanan hotel dan tiket. Bila perlu aplikasi translator bahasa juga kamu install nih.

Paket data internet juga penting di siapkan, kamu tidak bisa sepenuhnya bergantung dengan Wi-Fi gratis. Saat kamu lagi di tempat penginapan mungkin masih bisa menikmatinya, namun ketika di perjalanan, kamu tentu membutuhkan kuota internet untuk tetap terhubung.

Bagi kamu yang akan melewati daerah pelosok, bisa jadi jaringan akan bermasalah. Kamu harus berantisipasi dengan mendownload offline maps-nya. Akan sangat mengkhawatirkan tentunya jika kamu lagi nyetir malam di jalan sepi lalu mendadak sinyal mati dan gps ikut mati.

Kamera + Cadangan Baterai

starter pack favorite anak muda - kamera

Gunakanlah DSLR jika ingin mengabadikan momen spesial dengan kualitas tinggi. Meskipun mungkin spesifikasi kamera handphone zaman sekarang semakin berlomba untuk menaikkan kualitas dari segi megapiksel, namun tetap performa sensor dan prosesor camera digital tidak akan bisa tertandingi oleh smathphone, dan bahkan ini menjadi starter pack terfavorite anak muda saat ini untuk mengambil gambar ataupun video.

Alat pendukung lainnya seperti tripod juga perlu di siapkan, jikalau kamu ingin mengambil object dengan landscape ataupun mengambil gambar dengan timer, hasilnya akan jauh lebih stabil.

Jangan lupa juga tuk menyiapkan cadangan baterai dan SD Card, agar kamu tidak cepat kehabisan baterai dan memori saat lagi seru-serunya menggunakan DSLR.

Power Bank

Partner wajib bagi smartphone selain kuota internet adalah power bank. Mungkin bakal setiap saat kamu ngecek social media, lalu update tentang keseruan perjalananmu. Dan power bank di sini akan menjadi penyelamat, kala smartphone mulai lowbat.

Karena baterai smartphone biasanya akan lebih mudah terkuras jika terus terkoneksi dengan internet nih, apalagi di operasikan untuk google maps, browsing, dan live streaming.

Kamu bisa memilih merk power bank yang terpercaya, agar bisa bertahan cukup lama. Bentuknya yang minimalis untuk di genggam akan jauh lebih baik.

Universal Adapter

uviversal charger

Pada kenyataannya tidak semua negara memiliki jenis colokan listrik yang sama. Nah, jika kamu mau travelling ke luar negeri, universal adapter sangat penting untuk kamu bawa.

Kamu tidak perlu risau akan menjadi ribet, karena saat ini banyak kok yang menjual dengan model praktis, jadi kamu bisa ke negara manapun dengan satu buah adapter saja.

Earphone

earphone

Menunggu pesawat di bandara, menunggu bus ataupun kereta di stasiun, rasanya tentu akan membuat sedikit jenuh. Dan earphone bisa menjadi penolong kala kejenuhanmu tiba. Benda ini wajib kamu simpan di dalam backpack.

Jika perlu, gunakanlah yang model wireless sehingga kamu tidak kerepotan karena kabelnya yang suka nyangkut.

Quick Dry Towel (Handuk Cepat Kering)

handuk

Handuk yang bisa dengan cepat mengering biasanya terbuat dari microfiber, jadi mudah untuk menyerap air dan cepat kering dari handuk yang biasa.

Dalam perjalanan yang panjang dan terik, kamu bisa saja jadi berkeringat, dan handuk ini akan sangat berguna. Biasanya ini adalah starter pack cowok, dan mereka yang mengemudi mobil akan mudah berkeringat.

Ukurannya yang kecil, menjadikannya mudah disimpan di dalam backpack selama travelling.

Aksesoris

aksesoris travelling

Jika sudah namanya travelling, pasti akan sering berfoto-foto. Nah, agar selama travelling foto yang di abadikan jauh lebih keren, bawalah beberapa aksesoris seperti kacamata hitam, topi, jaket, dan lainnya yang penting match saat kamu kenakan.

Bisa juga kamu sesuaikan dengan outfit setiap hari perjalanannya, misalnya kamu akan pergi ke tempat wisata air terjun atau pantai, balutan kain Sumba di pundak akan menambah kesan saat di potret.

Uang Tunai Secukupnya

uang buat raveller

Apakah perlu banget ya siapin uang tunai? Perlu banget nih kamu siapkan sebelum berangkat, untuk jaga-jaga. Karena bisa jadi tempat tujuan wisata kamu ternyata tidak ada mesin ATM, atau jauh jaraknya. Kamu yang sedang butuh cepat, pasti jadi terkendala.

Restoran, bus, bahkan tempat destinasi wisata banyak yang telah menerima pembayaran non-tunai, alias pembayaran berbasis aplikasi. Namun, menyiapkan uang tunai tetaplah yang terbaik. Kamu bisa lebih mengetatkan anggaran, dan menghindari penipuan kartu kredit saat travelling.

Uang yang di siapkan jangan berlebih dan jangan ngepas juga. Sesuaikan dengan kondisi destinasi wisatanya aja sih. Bahkan dalam hal penyimpanan uang, sebaiknya di simpan di dalam pouch. Karena banyak kasus pencurian yang pasti melibatkan dompet, dan pouch bisa lebih aman tuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Indentitas Diri dan Dokumen Perjalanan

starter pack - KTP

Starter pack yang satu ini jangan sampai di lupakan, yaitu KTP sebagai bukti indentitas diri, meskipun hanya travelling di dalam negeri. Bahkan, dokumen penting lainnya seperti kartu BPJS, dan kartu asuransi, perlu di bawa juga, siapa tahu ini akan kamu butuhkan.

Apalagi jika bepergian sampai ke luar negeri, dokumen penting seperti paspor, visa perjalanan, surat izin mengemudi, KTP, asuransi perjalanan, tiket pesawat, akta kelahiran, dan sertifikat vaksin covid-19 ini wajib di amankan akan pergi.

Obat-obatan Pribadi

obat-obatan

Keadaan tak terduga bisa datang kapan saja, entah itu tiba-tiba kamu masuk angin saat travelling, atau mabuk perjalanan. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu terserang flu karena cuaca di tempat wisata yang berubah-ubah.

Obat-obatan seperti obat flu, sakit kepala, obat maag/lambung, minyak angin/minyak kayu putih, dan beberapa lainnya wajib di bawa agar tidak repot melipir ke apotik.

Cemilan – Starter Pack yang Gak Boleh Tertinggal

Starter pack yang terakhir adalah cemilan. Dalam perjalanan yang cukup lama, biasanya makan cemilan bisa sedikit menambah tenaga dan mengganjal perut yang mulai keroncongan sebelum waktu makan tiba.

Namun perhatikan juga dari segi gizi, cemilan yang kamu bawa jangan semuanya bermicin, mesti ada juga yang sehat. Isi backpack kamu dengan snack-snack, roti dan buah yang menyehatkan.

Nah, setelah membaca deretan starter pack buat travelling di atas, kamu uda paham dong ya apa saja yang mesti di siapkan dari sekarang. Jadikan perjalananmu lebih enjoy dengan memesan hotel murah terdekat dari tempat wisata yang kamu datangi dari aplikasi pesan hotel kesayanganmu. Di Seindo Travel, kamu juga bisa lebih berhemat dengan banyaknya pilihan voucher hotel hingga ratusan ribu rupiah, lho!

Mau intip voucher hotelnya? Klik di sini

Share info ini ke teman-teman kamu juga ya, Happy Travelling!

Tentang Kami

Seindo Travel menyediakan solusi untuk semua kebutuhan perjalanan Anda.
Mulai dari Hotel, Tiket Pesawat, Transportasi hingga
asuransi perjalanan, semuanya ada di Seindotravel!

Ikuti Kami

facebook.pnginsta.pngyoutube.png

Bagian Dari

asita.pngastindo.pngrapidssl.pngiata.png

Keamanan Transaksi

visa.pngmastercard.png
seindo-logo.png
playstore.pngappstore.png

© 2023 Seindo Travel. Seluruh hak cipta