[object Object]

Mengapa Indonesia batal menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20?

30 Mar 2023
Fir Hia

Halo sobat pecinta sepak bola diseluruh dunia, khususnya di Indonesia. Baru-baru ini kita semua pasti terkaget-kaget akan keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20. Pasti kamu bertanya-tanya siapa sih FIFA yang dapat membatalkan hal tersebut? Dan apa penyebab dia membatalkan itu, mengapa? Sebelum itu, ada baiknya apabila kamu harus tahu dulu apasih yang dimaksud dengan FIFA dan hubungannya dengan Piala Dunia U-20? Simak selengkapnya!

FIFA di Piala Dunia U-20

Fédération Internationale de Football Association atau yang disingkat FIFA, adalah badan pengatur sepak bola internasional. Didirikan pada tahun 1904 dan bermarkas di Zurich, Swiss.

Organisasi ini bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengatur olahraga sepak bola di seluruh dunia. Termasuk mengorganisir turnamen internasional salah satunya adalah Piala Dunia U-20, menetapkan aturan dan peraturan untuk olahraga tersebut. Mengelola transfer pemain antar klub, dan menangani masalah yang terkait dengan administrasi sepak bola, seperti wasit dan pengendalian doping.

Salah satu tanggung jawab FIFA yang paling terkenal adalah mengorganisir Piala Dunia FIFA. Turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia yang diselenggarakan 4 tahun sekali. Termaksud Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan 2 tahun sekali.

Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20, juga dikenal sebagai FIFA U-20 World Cup, adalah turnamen sepak bola internasional untuk pemain di bawah usia 20 tahun. Turnamen ini diselenggarakan oleh FIFA dan berlangsung setiap 2 tahun sekali, dengan tim dari seluruh dunia bersaing memperebutkan gelar juara.

Turnamen ini menampilkan 24 tim dan dibagi menjadi enam grup dengan masing-masing empat tim. Dua tim teratas dari setiap grup maju ke babak gugur, yang mencakup babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan final. Turnamen berlangsung selama tiga minggu, dan negara tuan rumah dipilih oleh FIFA.

FIFA U-20 World Cup telah diselenggarakan sejak tahun 1977, dengan Argentina menjadi juara pada turnamen pertama. Tim yang paling sukses dalam sejarah turnamen adalah Brasil, yang telah memenangkan kompetisi tersebut sebanyak 5 kali. Pemenang lainnya termasuk Jerman, Spanyol, Portugal, dan Prancis.

Hasil dari Turnamen bergengsi ini memberikan platform bagi pemain muda untuk menunjukkan bakat mereka di panggung internasional. Dan merupakan acara penting dalam pengembangan pemain muda sepak bola. Ini juga memberikan kesempatan bagi penggemar untuk menyaksikan bintang masa depan sepak bola dan melihat generasi berikutnya bakat sepak bola dalam aksi.

Baca juga : Mau Travelling? Ini Dia 13 Starter Pack Yang Wajib Disiapkan!

Nah sudah tahukan informasi tentang FIFA dan hubungannya dengan Piala Dunia U-20. Sekarang pasti sobat pecinta sepak bola khususnya di Indonesia penasaran penyebab batalnya Indonesia menjadi Tuan Rumah di Kompetisi Internasional ini. Berikut penjelasannya.

Pembatalan Tuan Rumah Piala Dunia

1. Kegagalan memenuhi persyaratan teknis

FIFA memiliki persyaratan teknis yang ketat yang harus dipenuhi negara tuan rumah untuk memastikan bahwa turnamen berjalan sukses. Ini termasuk memiliki stadion yang memadai, transportasi, akomodasi, dan infrastruktur lainnya. Jika suatu negara tidak dapat memenuhi persyaratan ini, FIFA dapat memutuskan untuk membatalkan hak tuan rumahnya.

2. Masalah keamanan

Fédération Internationale de Football Association sangat serius dalam masalah keamanan, apalagi keamanan menjelang Piala Dunia U-20. Dan akan membatalkan hak tuan rumah suatu negara jika terdapat kekhawatiran keamanan yang signifikan. Ini mungkin termasuk ketidakstabilan politik, kerusuhan sipil, atau ancaman terorisme.

3. Korupsi atau pelanggaran etika

Dalam praktik korupsi atau pelanggaran etika, FIFA memiliki kebijakan nol toleransi untuk korupsi dan pelanggaran etika, dan akan membatalkan hak tuan rumah suatu negara jika terdapat bukti pelanggaran. Hal ini terjadi pada Piala Dunia 2022, yang awalnya diberikan kepada Qatar tetapi menghadapi pemeriksaan atas dugaan korupsi.

4. Force majeure

Dalam kasus yang jarang terjadi, FIFA dapat membatalkan hak tuan rumah suatu negara karena keadaan yang tidak terduga di luar kendali mereka, seperti bencana alam atau wabah.

Kesimpulan

Dari informasi diatas dapat kita simpulkan penyebab FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Informasi yang beredar ada beberapa oknum-oknum yang menolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia untuk ikut berkompetisi di Turnamen ini. Sehingga menyebabkan ketidakstabilan keamanan di Indonesia. Masalah Keamananlah yang menjadi salah satu penyebab Indonesia dibatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia Under 20. Pemain Sepak Bola Israel dikabarkan lolos babak penyisihan Piala Dunia U-20, dan berhak mengikuti kompetisi tersebut.

Semoga dari kejadian ini, kita semua dapat berbenah diri agar persepakbolaan di Tanah Air Indonesia semakin maju. Disisi lain bagi kamu yang ingin memanfaatkan penginapan diseluruh Indonesia, bingung mau kemana? Silahkan kunjungi situs resmi seindotravel.co.id, disana kamu akan menemukan penginapan dan wisata yang pas dengan harga promo. Cek sekarang juga!

Tentang Kami

Seindo Travel menyediakan solusi untuk semua kebutuhan perjalanan Anda.
Mulai dari Hotel, Tiket Pesawat, Transportasi hingga
asuransi perjalanan, semuanya ada di Seindotravel!

Ikuti Kami

facebook.pnginsta.pngyoutube.png

Bagian Dari

asita.pngastindo.pngrapidssl.pngiata.png

Keamanan Transaksi

visa.pngmastercard.png
seindo-logo.png
playstore.pngappstore.png

© 2023 Seindo Travel. Seluruh hak cipta